Latest Reviews

© 2012 Spotledge.. Diberdayakan oleh Blogger.

Tags

Link list 3

Link list 2

Senin, 08 Juli 2013

Filled Under:

Cara Belajar Yang Baik Untuk Ujian

Share
Belajar adalah kewajiban dari seorang pelajar. Tiada gunanya menjadi pelajar jika tidak belajar. Setiap orang mempunyai cara belajar yang berbeda. Namun cara belajar seseorang ada yang baik dan kurang baik. Seseorang yang belajar tergesa-gesa, merupakan cara belajar yang kurang baik. Jika belajar tergesa-gesa, tidak semua ilmu yang kita pelajari bisa diingat oleh otak. Maka dari itu, saya akan mengulas tentang cara belajar yang baik terutama dalam menghadapi ujian/ulangan harian.

Berikut ini merupakan tips-tips yang dapat menjadi masukan berharga dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi ulangan atau ujian.

1. Belajar Kelompok

Belajar kelompok merupakan kegiatan belajar yang menyenangkan. Mengapa menyenangkan? Karena kita dapat lebih santai atau enjoy berkat kehadiran teman kita. Belajar kelompok dapat dilakukan dengan membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompok belajar baik yang sudah dijelaskan guru maupun belum, dijelaskan guru. Belajar kelompok dapat dilakukan dirumah sendiri atau rumah teman. Namun sebaiknya tetap didampingi oleh orang dewasa seperti kakak atau orangtua agar belajar tidak berubah menjadi bermain. 

Saat belajar kelompok, kita dapat berbagi ilmu sesama teman. Juga dapat mengerjakan PR bersama. Mengerjakan PR bersama dalam hal ini maksudnya bukan "saling menyontek", tetapi membahas satu persatu soal PR bersama teman. Bukan berarti bisa mengerjakan pekerjaan rumah bersama teman anda dapat menyontek, tetapi tujuan mengerjakan pekerjaan rumah bersama ini untuk berbagi ilmu sesama teman. Jadi, kalau ada salahsatu teman kita yang tidak mengerti, kita bisa menjelaskan kepadanya.

Kembali lagi ke belajar kelompok, kelebihan belajar kelompok yang pertama adalah "menyenangkan". Karena belajar bersama teman membuat kita lebih nyaman. Yang kedua bisa dilakukan dirumah sendiri atau rumah teman. Yang ketiga, belajar kelompok dapat membuat yang tidak pandai menjadi lebih pintar.

2. Rajin Mencatat Rangkuman/Intisari Pelajaran

Saat guru menjelaskan, baiknya anda mencatat apa yang dijelaskan oleh guru walapun belum disuruh. Rangkuman fungsinya sangat penting dalam belajar. Membaca rangkuman lebih efektif dibanding membaca materi yang ada di buku. Anda juga dapat mencatat rangkuman dari buku pelajaran yang anda baca dibuku catatan anda. Karena buku catatan mudah dibawa kemana-mana, sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada. Namun jangan jadikan catatan sebagai "media mencontek" karena mencontek dapat merugikan diri sendiri.

3. Disiplin Dalam Belajar

Tentu apa yang anda pelajari dapat anda ingat butuh konsentrasi. Maka disiplinlah dalam belajar dengan serius atau tidak main-main saat belajar. Pilih waktu yang ideal seperti pada sore hari, jangan malam hari. Karena belajar malam hari bisa cepat ngantuk dan akhirnya anda memutuskan untuk tidur bukan melanjutkan belajar. Hiraukan game, handphone anda, televisi, dan alat elektronik lainnya yang dapat menggangu konsentrasi belajar. Bukan berarti anda tidak boleh bermain game ataupun menonton televisi, tetapi ada waktunya. 

4. Belajar Dengan Serius dan Tekun

Ketika belajar di kelas dengarkan dan catat apa yang guru jelaskan. Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluar saat ulangan atau ujian. Ketika waktu luang baca kembali catatan yang telah dibuat tadi dan hafalkan sambil dimengerti. Jika kita sudah merasa mantap dengan suatu pelajaran, maka ujilah diri sendiri dengan soal-soal. Setelah soal dikerjakan, periksa jawaban dengan kunci jawaban agar anda tahu letak kesalahan diri anda sendiri. Pelajari pula soal-soal yang sudah dijawab.

5. Hindari Belajar Berlebihan

Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat, biasanya kita akan panik jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan adalah belajar hingga larut malam (begadang) atau membuat contekan. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tepat waktu karena jika begadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak.




6. Berdoa

Yang terpenting adalah rajin melakukan ibadah dan berdoa setiap beribadah dengan meminta pertolongan, kemudahan dalam mengerjakan soal ujian atau ulangan kepada Allah.  Insya Allah, jika anda sudah berikhtiar dan bertawakal, Allah akan mengabulkan doa anda. Amien YRA....

Diatas merupakan tips dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian dan cara belajar yang baik untuk ujian yang saya share ke anda. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

0 Comment:

Posting Komentar